Makeover Project

Paling sebel deh sama acara make over2 yang bikin orang 100% berbeda dari penampilan sebelumnya. Belum tentu penampilan baru itu sesuai sama karakter dia, bisa aja penampina baru itu suka2nya si stylist aja. Lha kalo semua orang baru bisa dikatakan cantik kalo berpenampilan kayak gitu, berarti dunia jadi seragam dong ya….

Aku termasuk orang yang keukeuh sama pendirianku (baca: ngotot) jadi kalo ada yang ngritik penampilanku, seringnya aku cuekin. Bahkan mamiku sekalipun. Tapi ada seorang temenku yang berhasil membuka mataku dan akhirnya aku contek triknya untuk orang lain.

Memang kadang-kadang ada kalanya kita gemes banget sama penampilan orang. Ini anak kalo pilihan bajunya lebih tepat dan penampilannya lebih rapi sebenernya oke deh. Dan nggak jarang orang itu adalah orang terdekat kita. Jadi kita seakan punya kewajiban untuk menunjukkannya pada jalan yang benar hehe….

Mengubah penampilan seseorang itu bukan sekedar mendandani sekali dua kali aja. Tapi perlu perubahan mind set juga supaya perubahannya bertahan lama. Nah supaya nggak terkesan menggurui apalagi mengatur, ini dia trik-triknya…

MEMUJI
Untuk menyadarkan akan penampilan, jangan langsung dikritik apalagi diledekin. Pujilah dia terutama saat dia mengenakan sesuatu yang pas untuk penampilannya. Kadang orang pake baju sesukanya aja tanpa peduli keserasian, tapi begitu dipuji dia bakal langsung sadar ternyata sepatu ini bagus juga. Atau ternyata kemeja ini bagus di badan aku dll. Paling tidak dia akan lebih sering pake baju itu atau pake baju2 yang setipe supaya keliatan bagus.

MENUNJUKKAN
Lagi2 untuk menyadarkan seseorang akan style dan fashion (not that I’m an expert) aku suka nunjukkin baju2 ato barang2 lucu di toko. Eh liat deh ternyata topi fedora ngetren lagi ya. Eh aku pengen deh rok bunga2 kayak gitu tapi yang panjang. Nanti kalo kamu nemu kasih tau ya. Dengan begitu dia jadi lebih sadar akan tren fashion di luar sana meskipun ini baru permulaan.

MEMILIH
Kalo dia udah mulai sadar fashion, coba analisa selera fashionnya. Okelah dari pilihan jeans dan t-shirtnya mungkin kita bisa tau dia suka yang casual dan nyaman. Tapi bisa juga karena dia ga tau ada pilihan lain di luar sana. Jadi kalo ada orang dengan perawakan mirip yang dress up agak beda bisa kita tunjukin "eh lucu juga ya kalo jeans dipake sama kemeja" Kalo reaksinya negatif coba cari gaya lain sapa tau dia suka. Yang penting jangan paksakan satu gaya hanya karena kita yang suka. Selera dan pilihan itu harus datang dari dia sendiri.

MENYARANKAN
Kalo sudah sampai pada tahap dia berkomentar "eh aku pengen deh sneakers kayak gitu" iiiih rasanya behagiaaa banget. Finally dia sadar penampilan dan gak sungkan menunjukkan seleranya. Lebih bahagia lagi kalo dia sampe nanya "kalo aku mau beli tas kerja enaknya yang ini apa yang ini ya" beuh! itu kemenangan kawan! Tapi lagi2 jangan memaksakan. Jangan sampe dia ngerasa selama ini kita merasa penampilan dia jelek dan sekarang kita mau mengubahnya. Kasih aja penilaian yang jujur "kalo tas ini modelnya klasik, kalo yang ini lebih moderen tapi muat banyak". Biarkan dia memilih….

MEMBELIKAN
Nah kalo dia udah mulai sering bilang "eh pengen deh bisa pake anting kayak gitu" atau "eh jas warna biru gitu ternyata bagus ya" saatnya kita turun tangan. Iseng2 beliin anting yang kayaknya bagus buat dia, atau ngado jas biru yang dia suka. Jangan lupa memuji dan memberi masukan kalo dia pas makenya. Supaya makin oke…

Trik ini mungkin bisa juga berlaku untuk tips make-up ya. Tapi aku belum pernah coba aja….
Semoga berhasil! Demi dunia yang lebih enak dipandang mata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s